Kaya Rasa Gurih, Ini 7 Makanan Khas Aceh yang Wajib Dicoba

kuliner tradisional, berita hari ini, berita terkini, berita terbaru, info berita, info terbaru, info terkini, info hari ini, berita, info, terbaru, terkini, terupdate, tepercaya, liputan, warta, media, Politik, kriminal, olahraga, Indonesia, Nasional, Internasional, siaran langsung, ramadhan, ramadan, puasa ramadhan, wisata, bisnis, properti, teknologi, finance, otomotif, kuliner, gaya hidup, lifestyle, hukum, tutorial, pendidikan, game, hiburan, aplikasi, gadget, food, travel, destinasi, destination, advertorial, kesehatan, property, liputan khusus di Indonesia, berita unik, kecelakaan, www.kotamataram.com, kotamataram.com, mataram, kota mataram, Nusa Tenggara Barat

KotaMataram.com – Aceh, dengan kekayaan budaya dan warisan sejarahnya, juga memiliki keunikan dalam kuliner tradisional-nya. Berikut adalah tujuh hidangan khas yang mencerminkan kelezatan dan kekhasan kuliner Aceh.

Kaya Rasa Gurih, Ini 7 Makanan Khas Aceh yang Wajib Dicoba

1. Kuliner Tradisional – Mie Aceh

Mie Aceh adalah hidangan mie yang terbuat dari mie kuning tebal yang disajikan dengan kuah khas berbumbu rempah, seringkali ditambah dengan potongan daging sapi, udang, atau cumi. Rasanya yang gurih dan rempah-rempahnya yang khas menjadi daya tarik utama hidangan ini.

2. Kuliner Tradisional – Nasi Gurih

Nasi gurih adalah nasi yang dimasak dengan santan serta rempah-rempah khas Aceh. Disajikan dengan lauk pauk seperti ayam tangkap (ayam goreng khas Aceh), gulai ikan, atau rendang daging.

3. Kuliner Tradisional – Kari Kepala Ikan

Kari kepala ikan adalah hidangan kari yang menggunakan kepala ikan (biasanya ikan tongkol) yang dimasak dengan kuah kental bumbu rempah yang khas Aceh. Rasanya yang gurih dengan aroma rempah yang kuat menjadi cita rasa yang menggugah selera.

4. Kuah Beulangong

Kuah beulangong adalah hidangan kuah khas Aceh yang terbuat dari santan dan berbagai rempah seperti kunyit, lengkuas, serta jahe. Biasanya disajikan dengan ikan asin atau udang.

5. Sate Matang

Sate matang adalah sate khas Aceh yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah dan kemudian dipanggang. Disajikan dengan kuah kacang khas Aceh.

6. Timphan

Timphan adalah kue tradisional khas Aceh yang terbuat dari campuran tepung beras, gula merah, dan kelapa parut yang dibungkus dalam daun pisang dan kemudian dikukus.

7. Lambuk

Lambuk adalah hidangan bubur khas Aceh yang terbuat dari beras, daging, rempah-rempah, serta daun salam dan serai yang memberikan aroma yang khas.

Kelezatan kuliner Aceh tak hanya berbicara soal rasa, tetapi juga menjadi bagian dari identitas budaya yang mengagumkan. Hidangan-hidangan khas ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan pecinta kuliner yang ingin mengeksplorasi kekayaan kuliner Indonesia.

adbanner